Home » » #SarungMan (eps.2) "Harapan Palsu"

#SarungMan (eps.2) "Harapan Palsu"



            “Don banguuun!” kata Andi.
            “Iya bangunlah kau!” Kata Ronal ikut-ikutan.
            “Hmm ada apaan sih?” Jawab gue males.
            “Lela Don, Lela!” Kata mereka kompak.
            “Cie.. cie.. kompak,, pacaran aja kalian berdua!” Kata gue bercanda.
            “Etdah, lagi seperti ini kau masih bercanda saja.”
            “Iya, kenapa sama Lela?”
            “Semalam dia mau diperkosa, tapi katanya ditolongin sama pahlawan bersarung, apalah itu namanya Ndi?”
            “Sarung-Man.”
            “Iya, itu Sarung-Man.”
            “Terus?” Jawab gue dengan masih tenang.
            “Lha, lo santai banget sih Don. Kan lo suka sama Lela. Kenapa gak nanyain kabarnya gitu ke, apa ke. Siapa tau nanti dia bisa suka ama lo.” Kata Andi.
            “Iye dah, gue BBM dia sekarang.”
            Gue coba buka hape gue. Tapi ternyata ada beberapa BBM. Salah satunya dari Lela. Gue coba buka BBM dari Lela terlebih dahulu.
            “Don, semalem aku mau diperkosa. Tapi untungnya ada pahlawan yang keren banget nolongin aku. Aku jadi penasaran siapa pahlawan itu. Andai aja aku tau.”
            “Itu gue La. Itu gue. Orang yang sayang sama lo!” Kata gue dalem hati. Tapi gue gak bisa kasih tau kalo itu gue. Belum saatnya. Mungkin suatu saat nanti.
            “Waduh, tapi kamu ngak apa-apa kan?” Bales gue.
            “Aku gak apa-apa kok :)”
            “Syukurlah, kamu udah makan?”
            “Udah kok, kamu?”
            “Belum, aku baru bangun soalnya, hehehe.”
            “Makan sana.”
            “Iya :)”
            Seperti biasa gue sering BBMan sama dia. Saling nyemangatin. Hingga suatu hari dia statusnya galau. Gue coba nggak ngehubungin dia dulu selama beberapa hari. Bukannya gue mau menjauh. Tapi gue hanya ingin dia tenang. Andai aja dia sama gue. Pasti gue akan berusaha untuk bahagiain dia. Gue nggak mau ngeliat dia sedih. Tapi lagi-lagi ini hanya khayalan gue. Jujur hati gue sakit, ketika dia membuat status untuk pacarnya itu. Tapi apa daya, gue bukan siapa-siapa dia. Gue hanya seorang secret admirer.
            Seminggu kemudian, saat pelajaran Qur’an Hadist.
            “Anak-anak sekarang kita kedatangan murid pindahan dari Bandung.” Kata Bu Nina, guru gue.
            “Don, lihat. Cantik banget.” Kata Ronal.
            “Ah, bukannya semua cewe lo bilang cantik Nal!” Jawab gue sambil tetep baca buku, tanpa peduli sama murid pindahan itu.
            “Tapi ini beda Don. Ini beda dari santri-santri di sini. Gue suka Don. Andai aja dia mau sama gue!” Jawab Ronal ngarep.
            “Mimpi!!” Jawab gue ngeyel.
            “Rachel, coba perkenalan!” Kata Bu Nina.
            “Iya bu. Temen-temen perkenalkan nama saya Rachel, dari SMAN 2 Bandung.”
            “Sudah punya pacar belum Hel?” Tiba-tiba Ronal nyeletuk dan dibarengi dengan sorakan anak-anak.
            “Kamu dulu SMPnya di mana Hel?” Kata Aisyah, salah satu temen sekelas gue.
            “SMPN 43 Jakarta.” Jawabnya.
            “Rachel, SMPN 43 Jakarta. Jangan-jangan?” Kata gue, sambil ngelirik ke anak pindahan itu.
            “Rachel..” Teriak gue kaget.
            “Eh Doni, sekolah di sini juga toh!” Jawab Rachel, dan anak-anak memandang aneh ke arah kami berdua.
            “Kau, sudah kenal Don? Siapa dia? Mantan kamu?” Tanya Ronal kepo.
            “Pertanyaan lo kebanyakan Nal. Rachel itu sahabat gue, cuma kemarin gue lost kontak sama dia.”
            “Oh begitu.”
            “Rachel, silahkan duduk di meja sebelah Doni. lagi pula kamu kan sudah kenal sama dia.” Kata Bu Nina.
            “Iya Bu, terima kasih.”
            “Don kenalin gue sama dia. please..” Kata Ronal yang kayanya udah bener-bener jatuh cinta sama Rachel.
            “Iye..”
            “Anak-anak, ayo kita lanjutkan pelajarannya.”
            Pelajaran telah usai, akhirnya gue temu kangen sahabat gue. minta kontaknya. dan sekalian kenalin sobat gue Ronal.
            “Hel, nih kenalin temen gue, Ronal.” Kata gue ke Rachel.
            “Ronal.”
            “Rachel.”
            “Ciee Ronal, kayanya suka sama lo tuh Hel.” Ejek gue.
            Setelah itu gue mulai sering curhat lagi sama Rachel. Gue juga sering curhat tentang Lela. Gue cerita kalo gue ini Sarung-Man. dan Ronal jadi sering modusin Rachel. Hingga mereka berdua pacaran.
            “Don, kok kau tak suka dengan Rachel sih? Dia kan cantik?” Tanya Ronal tiba-tiba.
            “Nal, dengerin gue ya. Gue itu cari cewe bukan masalah cantik, tapi yang sreg. Kalo gue udah sreg gue itu susah buat lupa. Sama kaya perasaan gue sama Lela.” Jawab gue.
            “Iya, tapi kan Lela udah punya pacar Don.” Jelas Ronal.
            “Iya sih. Tapi gue udah terlanjur sayang sama Lela Nal. Gue cinta dia Nal!”
            “Okelah kalo begitu.”
            Hape gue bunyi. Gue sangka BBM dari Lela. Tapi ternyata dari Rachel.
            “Don, minggu depan ada film Raditya Dika yang baru!” Kata Rachel. Kita berdua emang suka sama Raditya Dika.
            “Manusia Setengah Salmon kan?”
            “Iya. Tau aja lo. Nonton yuk, udah lama kita kan gak nonton bareng lagi.”
            “Okelah.”
            Tapi gue berfikir, gue pengen nonton itu sama Lela. Andai aja dia mau. Tapi gimana, gue sama Lela udah gak BBMan beberapa hari ini. Gue mau dia tenang dulu. Padahal hati gue kangen banget sama Lela. Minggu ini gue mau nonton sama kakak gue. Akhirnya tiketnya gue foto, dan buat Display Picture di BBM. Banyak temen-temen di BBM gue yang komentar. Kaya filmnya gimana sih. Dan laennya. Dan Rachel pun BBM gue.
            “Nonton sama siapa lo?”
            “Sama kakak gue. Eh Hel, cewe di samping gue wanginya kaya Lela.”
            “Ah lo, move on dong.”
            Tapi tiba-tiba BBM yang gue tunggu-tunggu itu ada. Iya itu BBM dari Lela.
            “Ih, nonton gak ngajak-ngajak!” Kata Lela. Menurut gue ini kesempetan buat gue ngajak dia.
            “Minggu besok yuk?” Jawab gue semangat.
            “Nonton apa?”
            “Manusia Setengah Salmon.”
            “Filmnya Raditya Dika ya?”
            “Iya.”
            “Gimana nanti ya.”
            “Oke deh.”
            Akhirnya penyemangat gue kembali. Bidadari Cantik yang sering hadir dalam mimpi gue. Orang yang paling gue sayang. Kita jadi sering BBMan kembali. Saling kasih semangat. Dan kayanya dia udah tau kalo gue suka sama dia.
            “Semangat ya belajarnya!” Kata Lela.
            “Iya, kalo kamu yang kasih semangat, aku pasti semangat kok!” Jawab gue.
            “Huwwh maunya.” Jawab dia.
            “Jadi pengen ketemu Bidadari Cantik deh!”
            “Siapa?”
            “Kamulah, siapa lagi!”
            “Aku?”
            “Iya.”
            “Masa sih?”
            “Iyalah, yaudahlah aku mau belajar.”
            “Iya.”
            Keesokan harinya, gue coba buat lagu judulnya Bidadari Cantik buat dia. Tapi hanya jadi reffnya doang.
Kau bidadari cantikku
Janganlah kau bersedih
Karna ku ada di sini
Selalu ada untukmu
Kau bidadari yang lucu
Janganlah kau bersedih
Lewati hari-harimu
Dengan senyum indahmu
Dengan senyum indahmu
Dengan senyum indahmu

            Setelah selesai, gue coba Tanya dulu sama Rachel. Gue kirim lagunya ke BBMnya
            “Hel, gimana lagunya?”
            “Bagus Don, udah kirim ke Lela.”
            “Iya, udah nih.”
            “Terus kata dia gimana?”
            “Gak di bales Hel :(“
            Hari minggu yang gue tunggu-tunggu pun datang. Gue coba BBM Lela.
            “Aku tunggu kabar selanjutnya ya :)”
            “Aku mau pergi!”
            “Yah, abis dari sana deh!” Tapi ternyata BBM gue cuma di Read nggak dibales.
            “Hel, gue galau” Kata gue ke Rachel.
            “Kenapa, Lela lagi.”
            “Iya. BBM gue kaga dibales.”
            “Yaudah lo tidur aja dulu, kan abis begadang tuh. Siapa tau pas lo bangun ada BBM dari dia, dan bilang, Don, ayo kita nonton!”
            “Dia kan selama BBMan sama gue gak pernah panggil nama!”
            “Yaelah, tinggal diapus doang geh Don nya. Bukannya aminin kek!”
            “Iya amiin!”
            “Udah tidur lo.”
            “Gak mau.”
            “Terus lo maunya apa?”
            “Gue maunya DIA!”
            “Yaudah kalo dia gak mau, tar gue yang temenin lo nonton deh.”
            “Yaudah deh.”
            “Jam berapa?”
            “Gak tau deh!”
            “Huh gantung!”
            “Yaudah siang aja deh!” Jawab gue. Dan gue masih berharap, siapa tau Lela jadi mau nonton sama gue.
            “Oke.”
            Tapi gue masih Badmood gara-gara bbm gue gak dibales. Gue coba dengerin lagu di hape gue. Gue nemu lagu Last Child yang judulnya Tak Pernah Ternilai. Yang menurut gue cocok sama gue sekarang. Yang liriknya begini.
Kau menyiksaku di sini
Dalam rasa bersalah yang kini
Membunuhku secara perlahan

Kau selalu menghindar dari
Aku yang selalu mencoba ungkapkan semua
Lewat tatap mata ini

Ternyata maafmu tak pernah pantas untukku
Kau anggap aku tak ada
Dan kau tak pernah mengenal diriku

Setidaknya diriku pernah berjuang
Meski tak pernah ternilai di matamu
Setidaknya ku pernah menanti
Terkapar melawan sepi hatiku
Yang tak pernah bisa berhenti mencintaimu

Kau menghukum hati ini
hati yang dulu kau yakini
Takkan pernah kecewakanmu
Kau memutuskan tuk pergi
Sebelum ku sempat memohon
Dan mengemis agar kau tetap di sini

Ternyata sedalam itu kau benci diriku
Kau anggap ku tak terlihat
Meski ku tepat di depan matamu

Setidaknya diriku pernah berjuang
Meski tak pernah ternilai di matamu
Setidaknya ku pernah menanti
Terkapar melawan sepi hatiku
Yang tak pernah bisa berhenti mencintaimu

Setidaknya diriku pernah berjuang
Meski tak pernah ternilai di matamu
Setidaknya ku pernah menanti
Terkapar melawan sepi hatiku
Yang tak pernah bisa berhenti

Setidaknya diriku pernah berjuang
Meski tak pernah ternilai di matamu
Setidaknya ku pernah menanti
Terkapar melawan sepi hatiku
Yang tak pernah bisa berhenti mencintaimu

            Gue puter ulang lagu itu sampe berpuluh-puluh kali. Tapi setelah itu lagunya ganti menjadi “seluruh nafas ini”nya Last Child. Dan gue mulai berfikir. “Iyaya, kalo dia emang tulang rusuk gue. Pasti dia bakalan kembali ke gue.” Setelah gue rasa tenang. Gue coba BBM dia lagi.
            “Kalo emang nggak mau, aku nggak apa-apa kok :)” setelah beberapa lama, akhirnya dibales.
            “Sorry ya abis mandi. Maennya kapan-kapan aja yak :) ”
            “Iya nggak apa-apa kok, aku tunggu saat itu :)” Dan lagi-lagi BBM gue hanya di Read.
            Akhirnya, gue berangkat sama Rachel. Tapi ternyata Rachel ada problem sama Ronal. Karena saat diajak Ronal nonton berdua dia gak mau. Tapi saat sama gue dia mau.
            “Berarti, lu berantem sama Ronal gara-gara gue Hel.”
            “Ya, enggak jugalah.”
            “Ah, gue jadi gak enak sama Ronal.”
            Gue nonton sama Rachel mulai nonton. Tapi ditengah-tengah film. Rachel nunjukin hapenya.
            “Don, Lela BBM gue!”
            “BBM apa?”
            “Nanti aja deh, nanti nontonnya gak focus.”
            “Yaudah deh.”
            Gue lanjutin nonton sambil ngilangin kegalauan gue. Dengan ketawa-ketawa ngakak ngeliat filmnya Radit. Setelah selesai gue Tanya tentang BBM Lela tadi.
            “Tadi Lela BBM apa?”
            “Tuh katanya nggak ngajak-ngajak nontonnya.”
            “Alah, tadi di ajak kaga mau. Eh makan dulu yuk Hel, laper gue.”
            “Yaudah ayo!”
            Gue dan Rachel nyari makanan. Makanan udah ada. Rachel masih sibuk sama hapenya.
            “Eh Lela nanya gue nonton sama siapa nih, gue jawab sama temen aja ya.”
            “Yaudah terserah lo deh!”
            “Eh, liat PMnya Ronal deh, ada Lelanya!” Kata Rachel sambil matanya mau nangis.
            “Hah, mana?” Kata gue kaget.
            “Iya, katanya Ronal, Lela pernah bilang suka sama dia!” Tiba-tiba air mata gue minta keluar. Tapi gue coba buat menahannya. Rasa gue campur aduk. Gue mulai kacau. Fikiran gue mulai gak bias mikir normal. Dan pernyataan itu dipertegas dengan foto-foto yang ada di hepe gue, Lela dan Ronal sering banget foto berdekatan.  Cobaan apalagi ini ya allah.
            “Gue jadi gak nafsu makan Don!”
            “Sama gue juga Hel.” Tapi gue tetep coba ngabisin makanan gue, walaupun emang gak nafsu.
            Gue mulai bingung. Apa yang terjadi? Apa ini hanya mimpi? Gue gak kuat hadapi semua ini. Lalu apa maksud perhatian dia ke gue selama ini. Apa itu hanya sebuah harapan palsu? Jujur gue sangat sayang sama dia. Gue gak bisa tanpa dia. Tapi ini kenyataannya. Gue harus terima. Ingin rasanya gue bilang ke dia. Kalo gue ini beneran sayang sama dia. Gue beneran cinta. Tapi untuk apa gue bilang semua itu.
            “Hel, kayanya Sarung yang kasih gue kekuatan buat menjadi Sarung-Man, gue buang aja ya? Buat apa lagi, Lela gak mungkin bisa ngerasain apa yang gue rasain ke dia.”
            “Jangan Don, mungkin Allah kasih kekuatan itu bukan cuma buat nolongin Lela doang. Tapi banyak orang lain yang perlu pertolongan lo Don.
            “Iya Hel. Makasih ya udah jadi sahabat gue yang baik!”
            “Iya”

TO BE CONTINUED…
 
Share this article :

3 comments:

Fadillah Nur A said...

Mending Doni sama Rahel aja....

Ulwan Hariry said...

Gak bisa, mereka kan sahabatan...

bilasahil said...

ini santri-santri enak amat bisa ke bioskop ya, bukannya pada ngaji heheu

Post a Comment

Komentar Bisa kaleee....!!!!

 
Support : Creating Website | ulwannn Template | Mas Template
Copyright © 2014. Sebuah Kisah Mahasiswa Galau - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger